Home / Articles / Kujang dan Topeng Cirebon Jadi Diajukan ke Kemenkumham

Kujang dan Topeng Cirebon Jadi Diajukan ke Kemenkumham

Tari Topeng CirebonBANDUNG,(PRLM).-Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kujang dan Tari Topeng Cirebon ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pengajuan HKI sebagai upaya penyelamatan Kujang dan Tari Topeng Cirebon sebagai warisan komunal masyarakat Jawa Barat.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari., MM., setelah melalui proses cukup panjang sejak tahun 2012 serta menuai pro dan kontra pihaknya menetapkan Kujang dan Tari Topeng Cirebon untuk diajukan ke Kemenkumham.

“Prosesnya cukup panjang dan rumit, dari sepuluh kesenian maupun budaya daerah yang disarankan kami tahun (2013) ini hanya mampu mendaftarkan Kujang dan Tari Topeng Cirebon ke Kemenkumham,” ujar Nunung Sobari dalam keterangan persnya kepada wartawan, Selasa (4/9) didampingi Kabid Kebudayaan, Dra. Wiana Sundari dan Kabid Kesenian, Agus E. Hanafiah, S.Sos.

Dikatakan Nunung, pengajuan Kujang maupun Topeng Cirebon, dilakukan karena baik Kujang maupun Tari Topeng Cirebon disejumlah negara sudah mulai banyak diakui.

Ada tujuh jenis kujang yang akan dilindungi, yaitu kujang Ciung, Kuntul, Badak, Bangkong, Naga, Wayang, dan Jago, sementara Tari Topeng Cirebon, meliputi Topeng Panji, Pamindo (samba), Rumyang, Tumenggung dan Klana.

“Setelah Kujang dan Tari Topeng Cirebon, akan menyusul kendang dan pukulan kendang Sunda pada tahun 2014. Fenomena cukup menarik, disejumlah kendang yang dipergunakan maupun jenis pukulannya sangat diminati untuk dipelajari,” ujar Nunung.

Kabid Kebudayaan, Dra. Wiana Sundari menambahkan, proses pengajuan kujang pada September 2013 memakan waktu hingga setahun. Diawali dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan mengundang para pakar dari berbagai disiplin ilmu, antara lain antropologi, sejarah, filologi, arkeologi, hukum, juga budaya.

Selain itu juga Tim Gugus HKI Jawa Barat, yang terdiri dari Ketua Buky Wikagoe, Miranda Risang Ayu, serta Indra Perwira, dan Yesmil Anwar, melakukan pendataan dan analisis data terkait potensi-potensi budaya di Jawa Barat. Hasil analisis tersebut memutuskan kujang berada pada posisi pertama untuk diusulkan sebagai HKI, di atas topeng Cirebon dan kendang Sunda.

Sementara Kabid Kesenian, Agus E. Hanafiah, S.Sos., menambahkan sebagai langkah awa, sosialisasi Disparbud Jabar dalam satu pekan kedepan mulai Sabtu (7/9) hingga Sabtu (14/9) mendatang melalui Pekan Seni Budaya Jawa Barat 2013.

Sumber : Pikiran Rakyat

About rentalmobilcirebon.com

Check Also

Jepang Pernah Siapkan Rute Kereta Cepat Shinkansen Jakarta-Bandung-Cirebon

Jakarta -Japan International Consultant for Transportation telah membuat studi jalur kereta cepat atau kereta shinkansen ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *