Home / Wisata Cirebon / Mengenal Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Mengenal Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Masjid Agung Sang Cipta Rasa (dikenal juga sebagai Masjid Agung Kasepuhan atau Masjid Agung Cirebon) adalah sebuah masjid yang terletak di dalam kompleks Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Konon, masjid ini adalah masjid tertua di Cirebon. Dan terkenal memiliki keunikan yakni Adzan Pitu. Tentunya membuat kita penasaran apa keunikan Adzan Pitu?Dan bagaimana sejarahnya sehingga masjid ini dikenal sebagai masjid tertua di Cirebon? Yuk kita mengenal Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon lebih dekat.

masjid agung sang cita rasa 2Dari catatan sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon di bangun pada tahun 1480 atas prakarsa Permaisuri Kesultanan Cirebon yang bernama Nyi Ratu Pakungwati dibantu oleh Walisongo dan beberapa tenaga ahli yang dikirim oleh Sultan Demak, Raden Patah.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon merupakan salah satu masjid tertua di Cirebon. Keberadaaan Walisongo yang kala itu memiliki peranan besar terhadap pembangunan masjid ini. Sunan Gunung Jati yang bertindak sebagai ketua pembangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon dan menunjuk Sunan kalijaga sebagai arsitek pembangunan masjid ini.

Sunan Kalijaga mendapat kehormatan untuk mendirikan soko guru Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon ini. Soko guru yang dibuat berasal dari kepingan-kepingan kayu yang disusun menjadi tiang sekatal oleh Sunan Kalijaga. Soko guru tersebut memiliki lambang kesatuan atau kegotong-royongan. Dan ini berfungsi sebagai tiang penyanggah di dalam masjid.

Menurut cerita, pembangunan masjid ini melibatkan 500 tenaga pekerja dari Demak, Majapahit, dan Cirebon. Yang cukup menarik dalam proses pembangunan masjid ini. melibatkan seorang tokoh tahan perang Demak-Majapahit yang bernama Raden Sepat.

Konon tindakan Raden Sepat di datangkan dari Demak dan terlibat dalam pembangunan masjid ini adalah sebagai imbalan Demak kepada Cirebon yang telah membantu mengirim pasukan dalam penyerangan ke Majapahit.

Konon nama Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon berasal dari kosa kata yang di ambil dari “sang” yang memiliki arti keagungan. Sedangkan “cipta” yang artinya dibangun, dan “rasa” yang artinya digunakan.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon ini memiliki lima ruangan, yaitu ruangan utama, tiga serambi, dan satu ruang belakang. Pada ruang utama masjid terdapat sembilan pintu yang melambangkan Walisongo.

Dan di bagian mihrab Masjid Agung Cipta Rasa Cirebon terdapat ukiran berbentuk bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Di bagian mihrab juga terdapat ubin yang bertanda khusus yang melambangkan tiga ajaran pokok agama, yaitu iman, Islam, dan ihsan.

Adzan pitu - masjid agung sang cita rasaKonon, dahulunya masjid ini memiliki memolo atau kemuncak atap. Namun, saat azan pitu (tujuh) salat Subuh digelar untuk mengusir Aji Menjangan Wulung, kubah tersebut pindah ke Masjid Agung Banten yang sampai sekarang masih memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut, sampai sekarang setiap salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa digelar Azan Pitu. Yakni, azan yang dilakukan secara bersamaan oleh tujuh orang muazin berseragam serba putih.

Wisata Sejarah Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon merupakan salah satu perjalanan wisata ziarah Cirobon yang bisa kita lakukan, di mana kita dapat mengenal lebih dekat pesona keindahan sebuah nilai sejarah arsitektur dengan segala keunikan dan nilai sejarahnya dan bukan untuk di pergunakan sebagai perjalanan ritual yang di salah artikan penerapannya pada saat melakukan wisata ziarah.

About rentalmobilcirebon.com

Check Also

Mengenal Lukisan Kaca Cirebon dan Sejarahnya

Konon sejak abad ke 17 Masehi, Lukisan Kaca telah dikenal di Cirebon, bersamaan dengan berkembanganya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *